Langsung ke konten utama

Mengenal visual Basic 6.0


MENGENAL VISUAL BASIC 6.0
Visual Basic versi 6.0

1. VISUAL BASIC 6.0
Visual Basic untuk DOS dan Windows diperkenalkan pada tahun 1991. Versi 3.0 dari Visual Basic dikeluarkan pada tahun 1993 dan lebih mengalami kemajuan yang pesat
dibandingkan dengan versi sebelumnya.
Visual Basic 3.0 masih menggunakan kode-kode yang bekerja dalam 16 bit. Kemudian pada akhir tahun 1995 dikeluarkan Visual Basic versi 4.0 yang mendukung proses 32 bit.
Pada akhir tahun 1996 dikeluarkan Visual Basic versi 5.0 dengan kelebihan yang dapat mendukung control Activex dan mulai menghapus atau menghilangkan dukungan terhadap proses 16 bit.
Dan versi yang dipakai dalam modul ini adalah Visual Basic versi 6.0 yang dikemas dalam satu paket Microsoft Visual Studio 6.0.
Visual Basic 6.0 ialah bahasa pemrograman event-driven yang berasal dari BASIC. Event driven artinya program menunggu sampai adanya respons dari pemakai
berupa kejadian tertentu, misalnya tombol diklik atau menu dipilih. Ketika event terdeteksi, event yang berhubungan akan melakukan aksi sesuai dengan kode yang diberikan.
Visual Basic merupakan salah satu Development Tool yaitu alat bantu untuk
membuat berbagai macam program komputer, khususnya yang menggunakan sistem
operasi Windows.
Visual Basic merupakan salah satu bahasa pemrograman computer yang mendukung object (Object Oriented Programming = OOP).
Sayangnya, Visual Basic sampai saat ini hanya dapat berjalan diatas lingkungan sistem operasi Windows. Untuk kalangan sistem operasi yang lain seperti Linux misalnya, Visual Basic masih
belum bisa berjalan optimal walaupun saat ini sudah mulai dirintis sebuah framework berbasis .NET agar dapat menjalankan aplikasi VB.NET diatas platform Linux.

2. Integrated Development Environment (IDE) VB 6.0
Integrated Development Environment (IDE) adalah tampilan bidang kerja tempat membuat program aplikasi.IDE membantu membangun sebuah aplikasi besar, menulis sebuah program, menjalankan program dan menghasilkan sebuah executable file. Executable File yang dihasilkan oleh Visual Basic bersifat independen, dan karena itu file tersebut dapat dijalankan pada komputer tanpa harus menginstall Visual Basic.
a.    Project Window
Jika membuat program aplikasi, akan terdapat jendela project yang berisi semua file yang dibutuhkan untuk menjalankan program aplikasi Visual Basic yang dibuat. Pada jendela project terdapat tiga icon yaitu icon View Code untuk menampilkan jendela editor, icon View Object untuk menampilkan bentuk formulir (Form) dan icon Toggle Folders digunakan untuk menampilkan folder (tempat penyimpanan file). Pertama kali ketika menggunakan program Visual Basic maka komponen project yang akan diload, selanjutnya adalah menambah form-form atau membuat modul atau mungkin membuat kode program. Secara lebih sederhana posisi project dalam setiap komponen yang ada



b.     Form Designer
Form digunakan ketika akan meletakkan object-object apa saja yang akan digunakan             dalam program, object-object yang terdapat dalam toolbox, diletakkan dan didesain dalam bagian form. Form sebenarnya adalah suatu objek yang dipakai sebagai tempat bekerja program aplikasi. Secara otomatis akan tersedia form yang baru jika kita membuat program aplikasi baru, yaitu dengan nama Form1. Umumnya dalam suatu form terdapat garis titik-titik yang disebut dengan Grid.

c.     Toolbox
Selain Toolbar, Visual Basic juga mempunyai Jendela Toolbox. Jendela ini berisi sejumlah control yang digunakan untuk mendesain antar muka (User Interface) yang akan diletakkan pada Form.

d.    Properties Window
Properties digunakan untuk menentukan setting suatu objek. Suatu objek biasanya mempunyai beberapa properti yang dapat diatur langsung dari jendela Properties atau lewat kode program.

e.    Code Window
Digunakan untuk menulis kode program yang menentukan tingkah laku dari form dan objek-objek yang ada pada aplikasi bersangkutan. Kode program adalah serangkaian tulisan perintah yang akan dilaksanakan jika suatu objek dijalankan. Kode program ini akan mengontrol dan menentukan jalannya suatu objek.

f.     Form Layout Window
Menunjukan bagaimana peletakan sebuah form akan ditampilkan pada saat dijalankan.

g.    Immediate Window
Digunakan untuk memasukkan ekpresi untuk melihat hasilnya dengan menggunakan perintah “print” atau ‘?’. Jendela ini biasanya digunakan bersama watch window pada saat sebuah program di-debug. Short-cut untuk jendela ini adalah Ctrl-G

h.    Object Browser

Digunakan untuk menyelusuri external libraries sehingga anda dapat mempelajari objek-objek dan properti, kejadian (events), dan method yang dimilikinya. Short-cut untuk jendela ini adalah F2.]

i.      Locals Window
Akan aktif hanya pada saat program di jalankan, berisi nilai dari sejumlah variable yang bersifat lokal pada sebuah prosedur atau module.

j.      Watch Window
Digunakan untuk memonitor nilai dari suatu varibel baik bersifat lokal maupun global.

k.     Menu Bar
Menu yang akan dibahas secara garis besar, sebab sebagian dari menu berkaitan dengan Visual Basic lanjutan. Berikut ini akan dibahas mengenai menu yang sifatnya umum dan sering dipakai.
a.    Menu File berisi perintah antara lain, open untuk membuka suatu project dan save untuk menyimpan project atau form, make digunakan untuk mengkompile project menjadi Executable file.
b.    Menu Edit berkaitan dengan perintah-perintah editing seperti cut, copy, paste, find, replace, undo dan redo.
c.    Menu View digunakan untuk menampilkan window-window pada IDE Visual Basic
d.    Menu Project digunakan untuk menambahkan objek-objek baru seperti pada form, standart module (bas), class module, User control module, dll.
e.    Menu Format digunakan untuk mengatur posisi dan ukuran satu atau beberapa kontrol.
f.     Menu Debug berisi perintah-perintah yang digunakan pada saat program sedang di debug. Aplikasi yang dieksekusi tahap demi tahap, nilai dari variabel yang bersangkutan ditampilkan, dan menambahkan break point untuk memonitor jalannya program.
g.    Menu Run berisi perintah-perintah untuk menjalankan aplikasi yang dibangun.


l.      Main Toolbar
Visual Basic memiliki sejumlah toolbar. Toolbar-toolbar tersebut dapat kita letakkan pada posisi sebelah atas pada IDE Visual Basic atau dibiarkan menjadi window di dalam IDE Visual Basic. Toolbar-toolbar tersebut antara lain :
a.    Standard Toolbar berisi tool yang digunakan untuk perintah-perintah seperti membuka atau menyimpan sebuah project.
b.    Debug Toolbar digunakan berisi perintah seperti yang terdapat pada menu debug, jika toolbar tersebut tidak terdapat pada IDE, anda dapat memilih menu view - toolbars untuk menampilkan toolbar tersebut.
c.    Edit Toolbar berfungsi pada saat kita mengedit sebuah kode, menammbahkan break point, dan bookmarks.
d.    Form Editor Toolbar digunakan untuk mengatur posisi control yang ada pada form.


Post ;
Tangerang , kamis 16 juni 2016

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERNIKAHAN DIBAWAH UMUR

MAKALAH PERNIKAHAN DIBAWAH UMUR (PENDIDIKAN AGAMA ISLAM) DISUSUN OLEH JUMADI 2014-804-117 KAMPUS STMIK INSAN PEMBANGUNAN JL. SERANG KM. 10 KABUPATEN  TANGERANG 2014 KATA PENGANTAR Dengan menyebut nama Allah SWT yang Maha Pengasih lagi Maha Panyayang, saya panjatkan puja dan puji syukur atas kehadirat-Nya, yang telah melimpahkan rahmat, hidayah, dan inayah-Nya kepada kita semua, sehingga saya dapat menyelesaikan makalah PERNIKAHAN DIBAWAH UMUR dengan lancar. Adapun makalah fungsi hardwere ini telah saya usahakan semaksimal mungkin dan tentunya dengan bantuan berbagai pihak, sehingga dapat memperlancar pembuatan makalah ini. Untuk itu saya tidak lupa menyampaikan bayak terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu kami dalam pembuatan makalah ini. Namun tidak lepas dari semua itu, saya menyadar sepenuhnya bahwa ada kekurangan baik dari segi peny

Cain & Able

CAI N& AB EL OLEH Ahmad Nurfauzi                   2014804235   Eko Nurkholifatoni              2014804097   J umadi                                   2014804117    Ibnu Roib                              2014804150   Khoirul Budiatmoko            2014804212 Muhammad Nurhadi           2014804200 Rizki Ramadhan                  2014804232 SEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER INSAN PEMBANGUNAN 2017 Daftar isi.............................................................................................................. 2 Kata pengantar.................................................................................................... 3 Pendahuluan ....................................................................................................... 4 Pembahasan ........................................................................................................ 5 1.       Tutorial pemakaian Cain&A